Cara Install Symfony Command Line Interface aka Symfony Installer

Symfony adalah salah satu Framework PHP yang paling tua dan tetap bertahan sampai sekarang. Bahkan bisa dibilang, Symfony adalah satu-satunya Framework “tua” yang belum berpindah kepemilikan maupun berganti nama.

Sebut saya, CodeIgniter yang berganti kepemilikan setelah EllisLab tak mampu lagi merawatnya. Kini CodeIgniter dimaintain oleh British Columbia Institute of Technology serta pada developer yang masih cinta dengan CodeIgniter. Tidak hanya CodeIgniter, bahkan Framework raksasa besutan perusahaan pembuatan maintainer PHP pun sekarang berganti nama dari Zend Framework menjadi Laminas setelah kabar tidak menyenangkan dikalangan developer bahwa Zend tidak akan lagi mensupport project Zend Framework. Kini Zend Framework telah berubah nama menjadi Laminas dan dimaintain oleh Linux Foundation.

Kembali ke Symfony, sebagai framework tua, tentu symfony punya fans yang fanatik serta komunitas yang solid. Selain itu, secara arsitektur, sebagai library, Symfony sangatlah solid dan mature, bahkan banyak digunakan oleh industri maupun enterprise. Symfony pun terus berinovasi guna menjawab perkembangan teknologi yang ada salah satunya dengan membuat sebuah tool yang memudahkan proses instalasi Symfony yang disebut Symfony Installer.

Symfony Installer adalah sebuah command line interface application yang berfungsi untuk memudahkan proses instalasi Symfony maupun deploying Symfony ke Symfony Cloud – sebuah layanan deployment yang diprovide langsung oleh Symfony. Command line interface ini tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti Linux, MacOs maupun Windows. Dan berikut adalah cara untuk menginstall Symfony Installer menggunakan sistem operasi Linux.

1. Buka Terminal

2. Jalankan perintah wget https://get.symfony.com/cli/installer -O - | bash

3. Jalankan perintah sudo mv symfony /usr/local/bin/symfony

4. Jalankan perintah sudo chmod a+x /usr/local/bin/symfony

5. Tes hasil instalasi symfony -V

Selanjutnya kita dapat menginstall Symfony dengan mudah dengan menjalankan perintah symfony new Nama_Project untuk minimal installation atau symfony new --full Nama_Project untuk mengaktifkan fitur standar website.

Selamat mencoba

Leave a Reply